Sabtu, 27 April 2013

Homili Saat Sakramen Orang Sakit




Homili  SAKRAMEN ORANG SAKIT
Yak 5 : 14 – 16
Mat 8 : 5 – 8. 10.13

IMAN PERSONAL MENYELAMATKAN SESAMA
*P. Beny Mali, SVD*

Petani menyelamatkan kita dari kelaparan. Sopir mengantar kita dari satu tempat ke tempat yang dituju. Pilot menerbangkan kita dengan pesawat dari satu tempat ke tempat yang dituju. Pendidik mengantar kita menjadi orang yang berpendidikan. Misionaris mengantar kita menjadi pribadi yang beriman kepada Allah. Orang tua melahirkan kita, mendidik kita, mengantar kita menjadi orang-orang yang hebat di dalam perjalanan panggilan kita baik sebagai imam, biarawan, biarawati maupun sebagai orang yang menjalani hidup berkeluarga. Orang tua mendoakan kita anak-anaknya untuk keselamatan kita dalam perjalanan hidup kita, dalam pekerjaan kita, dalam perjuangan hidup kita. Kita pun mendokan orang tua kita agar diberi rahmat berkat dan perlindungan Tuhan di dalam setiap langkah hidup mereka. Singkatnya tiada seorang pun dapat hidup seorang diri. Setiap orang hidup bergantung dan tergantung pada sesame baik dalam hidup sosial, psikologis, fisik atau biologis, maupun spiritual.
Kehidupan iman pribadi memiliki aspek sosial. Kepercaya kepada Tuhan Yesus yang telah bangkit memiliki aspek sosialnya. Keyakinan kepada Kristus yang telah bangkit memiliki aspek sosialnya.
Yakobus 5 : 14 – 16 mengatakan bahwa doa seorang imam dan orang beriman yang berkumpul mendoakan sesama yang sakit membawa pengampunan atas dosa-dosanya dan membawa keselamatan kepadanya. Doa-doa yang mengalir keluar dari sebuah hati yang jernih, tulus, suci dan murni, sungguh memiliki daya pengampunan dan penyelamatan bagi sesama yang didoakan, teristimewa bagi sesama yang sedang sakit, yang didoakan.
Injil Mateus  8 : 5 – 8. 10.13 berbicara tentang iman seorang perwira romawi kepada Kristus Yesus yang telah bangkit membawa keselamatan bagi hambanya yang terbaring sakit lumpuh. Perwira Romawi itu sebelumnya adalah orang kafir. Kemudian dia beriman kepada Yesus secara radikal. Imannya itu dia ungkapkan dalam permintaannya kepada Yesus untuk menyembuhkan hambanya yang sakit lumpuh. Dia mengatakan, Tuhan katakana sepatah kata saja, maka hamba saya akan sembuh. Yesus sangat heran karena Perwira Romawi itu percaya pada SabdaNya. “Bersabdalah Tuhan, maka hamba saya sembuh”.  Yesus pun bersabda  kepada perwira yang beriman akan SabdaNya itu : “Pulanglah, dan terjadilah padamu sesuai dengan imanmu”. Maka pada saat itu juga sembuhlah hamba perwira itu.
Kita setiap kali teman kita, anggota keluarga kita, sahabat kita sakit terutama dalam saat-saat kritis, kita memanggil imam memberikan sakramen orang sakit kepada yang sakit. Sakramen orang sakit adalah sebuah sakramen yang diterima oleh orang sakit sebagai pengampunan atas dosa-dosanya, sebagai pemurnian bathin, sekaligus sebagai persiapan rohani bagi perziarahan spiritual orang sakit fisik tetapi untuk sehat secara spiritual. Sakramen Orang Sakit adalah Sakramen yang menghantar orang sakit fisik untuk menuju sehat spiritual dalam kepasrahan total yang membebaskan dan memerdekakan dari segala pamrih duniawi. Sakramen Orang Sakit memberikan kekuatan rohani kepada orang sakit untuk hidup berpasrah kepada Tuhan yang Maha Kuasa pemilik kehidupan yang kekal.
Sakramen Orang Sakit diberikan kepada orang sakit dala doa bersama dan doa imam. Doa-doa itu lahir dari hati yang tulus bersumber iman dan kepercayaan kepada Kristus Yesus yang telah bangkit, membawa keselamatan kepada semua orang lintas batas. (Kis 4:12 tentang hanya dalam nama Yesus ada Keselamatan) dan (Kis 11 : 26 tentang Kekristenan lahir atas dasar universalitas keselamatan Kristus Yesus yang telah bangkit).  Doa kita membawa pengampunan dan keselamatan bagi sesame yang kita doakan secara khusus pada kesempatan ini bagi orang sakit yang sedang kita doakan. Tuhan mendengarkan doa hamba perwira dengan menyembuhkan hambanya yang sakit lumpuh. Kita yakin dan percaya, pasti Tuhan mengabulkan doa kita bagi sesame yang sakit yang kita doakan ini.


Teologi Orang Sakit




Homili  SAKRAMEN ORANG SAKIT
Yak 5 : 14 – 16
Mat 8 : 5 – 8. 10.13

IMAN PERSONAL MENYELAMATKAN SESAMA
*P. Beny Mali, SVD*

Petani menyelamatkan kita dari kelaparan. Sopir mengantar kita dari satu tempat ke tempat yang dituju. Pilot menerbangkan kita dengan pesawat dari satu tempat ke tempat yang dituju. Pendidik mengantar kita menjadi orang yang berpendidikan. Misionaris mengantar kita menjadi pribadi yang beriman kepada Allah. Orang tua melahirkan kita, mendidik kita, mengantar kita menjadi orang-orang yang hebat di dalam perjalanan panggilan kita baik sebagai imam, biarawan, biarawati maupun sebagai orang yang menjalani hidup berkeluarga. Orang tua mendoakan kita anak-anaknya untuk keselamatan kita dalam perjalanan hidup kita, dalam pekerjaan kita, dalam perjuangan hidup kita. Kita pun mendokan orang tua kita agar diberi rahmat berkat dan perlindungan Tuhan di dalam setiap langkah hidup mereka. Singkatnya tiada seorang pun dapat hidup seorang diri. Setiap orang hidup bergantung dan tergantung pada sesame baik dalam hidup sosial, psikologis, fisik atau biologis, maupun spiritual.
Kehidupan iman pribadi memiliki aspek sosial. Kepercaya kepada Tuhan Yesus yang telah bangkit memiliki aspek sosialnya. Keyakinan kepada Kristus yang telah bangkit memiliki aspek sosialnya.
Yakobus 5 : 14 – 16 mengatakan bahwa doa seorang imam dan orang beriman yang berkumpul mendoakan sesama yang sakit membawa pengampunan atas dosa-dosanya dan membawa keselamatan kepadanya. Doa-doa yang mengalir keluar dari sebuah hati yang jernih, tulus, suci dan murni, sungguh memiliki daya pengampunan dan penyelamatan bagi sesama yang didoakan, teristimewa bagi sesama yang sedang sakit, yang didoakan.
Injil Mateus  8 : 5 – 8. 10.13 berbicara tentang iman seorang perwira romawi kepada Kristus Yesus yang telah bangkit membawa keselamatan bagi hambanya yang terbaring sakit lumpuh. Perwira Romawi itu sebelumnya adalah orang kafir. Kemudian dia beriman kepada Yesus secara radikal. Imannya itu dia ungkapkan dalam permintaannya kepada Yesus untuk menyembuhkan hambanya yang sakit lumpuh. Dia mengatakan, Tuhan katakana sepatah kata saja, maka hamba saya akan sembuh. Yesus sangat heran karena Perwira Romawi itu percaya pada SabdaNya. “Bersabdalah Tuhan, maka hamba saya sembuh”.  Yesus pun bersabda  kepada perwira yang beriman akan SabdaNya itu : “Pulanglah, dan terjadilah padamu sesuai dengan imanmu”. Maka pada saat itu juga sembuhlah hamba perwira itu.
Kita setiap kali teman kita, anggota keluarga kita, sahabat kita sakit terutama dalam saat-saat kritis, kita memanggil imam memberikan sakramen orang sakit kepada yang sakit. Sakramen orang sakit adalah sebuah sakramen yang diterima oleh orang sakit sebagai pengampunan atas dosa-dosanya, sebagai pemurnian bathin, sekaligus sebagai persiapan rohani bagi perziarahan spiritual orang sakit fisik tetapi untuk sehat secara spiritual. Sakramen Orang Sakit adalah Sakramen yang menghantar orang sakit fisik untuk menuju sehat spiritual dalam kepasrahan total yang membebaskan dan memerdekakan dari segala pamrih duniawi. Sakramen Orang Sakit memberikan kekuatan rohani kepada orang sakit untuk hidup berpasrah kepada Tuhan yang Maha Kuasa pemilik kehidupan yang kekal.
Sakramen Orang Sakit diberikan kepada orang sakit dala doa bersama dan doa imam. Doa-doa itu lahir dari hati yang tulus bersumber iman dan kepercayaan kepada Kristus Yesus yang telah bangkit, membawa keselamatan kepada semua orang lintas batas. (Kis 4:12 tentang hanya dalam nama Yesus ada Keselamatan) dan (Kis 11 : 26 tentang Kekristenan lahir atas dasar universalitas keselamatan Kristus Yesus yang telah bangkit).  Doa kita membawa pengampunan dan keselamatan bagi sesame yang kita doakan secara khusus pada kesempatan ini bagi orang sakit yang sedang kita doakan. Tuhan mendengarkan doa hamba perwira dengan menyembuhkan hambanya yang sakit lumpuh. Kita yakin dan percaya, pasti Tuhan mengabulkan doa kita bagi sesame yang sakit yang kita doakan ini.


Teologi Ayah



Melihat-nya maka Melihat-Nya
*P. Beny Mali, SVD*



Saya menjalani Tahun pastoral pada tahun 2001 – 2002. Waktu itu setiap minggu pagi sebelum Perayaan Ekaristi selalu dilaksanakan Sekolah Minggu. Pada satu kesempatan, saat saya menghadiri sekolah minggu, ada pertanyaan guru sekolah minggu kepada anak-anak sekolah minggu demikian. Seperti siapakah Allah itu? Satu di antara anak-anak sekolah Minggu memberikan jawaban seperti ini. Allah itu adalah Baik. Dia baik seperti Ayah saya yang selalu berbuat baik kepada saya, kepada mama, kepada kakak-kakak saya. Allah itu seperti Ayah saya yang selalu mengajak kami selalu berdoa bersama keluarga sebelum tidur, sesudah bangun, sebelum makan, sesudah makan, dan selalu memberkati saya sebelum berangkat ke sekolah dan sesudah kembali dari sekolah dan tiba di rumah.  
Pernyataan di atas khususnya jawaban anak di atas bahwa Allah itu seperti ayahnya menunjukkan anak itu menganut teologi ayah. Ayah yang baik terhadap dirinya, memperhatikan kesehatan anaknya, pendidikan anaknya, sabar terhadap anaknya, memberkati anaknya, mendoakan anaknya, memberikan teladan yang baik tanpa kekerasan di dalam keluarga terhadap mam, anak-anak, sebagai media yang membantu dan menuntun anak-anak memahami Allah yang baik hadir di dalam diri ayahnya. Bagi anak itu, Allah itu tidak jauh. Allah senantiasa hadir di dekatnya dalam diri orang tuanya yang secara tulus dan penuh cintakasih memberikan yang terbaik kepada anaknya. Anak melihat orang tua yang penuh cinta kasih, melihat Allah yang Maha Baik dan Maha Kasih.
Injil hari ini menampilkan pertanyaan Philipus kepada Yesus untuk menunjukkan Bapa kepadanya. Yesus menjawab kepada Philipus. “Telah bertahun-tahun lamanya engkau berada bersama Aku, tetapi engkau tidak mengenal Aku. Barangsiapa melihat Aku, melihat Dia yang mengutus Aku. Barangsiapa melihat pekerjaan-pekerjaan saya, dia melihat Allah Bapa yang mengerjakan segala sesuatu di dalam diri saya”. Jawaba Yesus ini menunjukkan bahwa sesungguhnya Yesus dengan Bapa adalah Satu.  Bapa, Putera dan Roh Kudus adalah Trinitas. Satu dalam misi dan visi yaitu menyelamatkan semua orang lintas batas. Barang siapa melihat Yesus, dia melihat Bapa dan Roh Kudus. Barangsiapa menerima Yesus, dia menerima Bapa dan Roh Kudus. Barangsiapa mengimani Yesus, dia mengimani Bapa dan Roh Kudus.
Kita adalah orang-orang yang beriman kepada Kristus yang telah bangkit sebagai puncak keselamatan kita dan semua orang langgar batas yang mengimaniNya.  Iman itu dikonkretkan dalam hidup kita dimana saja kita berada. Iman  akan Paskah menjadi nyata dan dialami sesama yang kita jumpai setiap hari jikalau kita hadir sebagai pribadi paskah bukan pribadi yang membawa salib derita bagi sesame. Kita ada dan hadir membangkitkan semangat bagi sesama dan menjadi sukacita dan berkat bagi sesame kita langgar batas-batas buatan manusia. Kita perlu belajar terus menerus “Teologi Ayah” seperti pengalaman anak kecil dalam sekolah minggu di atas.

Homili Sabtu 27 April 2013
Kis 13:44-52
Mzm  98 : 1.2-3ab.3cd-4
Yoh 14 : 7 - 14

Homili Sabtu 27 April 2013

http://soverdia.blogspot.com/2013/04/teologi-ayah.html




Melihat-nya Melihat-Nya
*P. Beny Mali, SVD*



Saya menjalani Tahun pastoral pada tahun 2001 – 2002. Waktu itu setiap minggu pagi sebelum Perayaan Ekaristi selalu dilaksanakan Sekolah Minggu. Pada satu kesempatan, saat saya menghadiri sekolah minggu, ada pertanyaan guru sekolah minggu kepada anak-anak sekolah minggu demikian. Seperti siapakah Allah itu? Satu di antara anak-anak sekolah Minggu memberikan jawaban seperti ini. Allah itu adalah Baik. Dia baik seperti Ayah saya yang selalu berbuat baik kepada saya, kepada mama, kepada kakak-kakak saya. Allah itu seperti Ayah saya yang selalu mengajak kami selalu berdoa bersama keluarga sebelum tidur, sesudah bangun, sebelum makan, sesudah makan, dan selalu memberkati saya sebelum berangkat ke sekolah dan sesudah kembali dari sekolah dan tiba di rumah.  
Pernyataan di atas khususnya jawaban anak di atas bahwa Allah itu seperti ayahnya menunjukkan anak itu menganut teologi ayah. Ayah yang baik terhadap dirinya, memperhatikan kesehatan anaknya, pendidikan anaknya, sabar terhadap anaknya, memberkati anaknya, mendoakan anaknya, memberikan teladan yang baik tanpa kekerasan di dalam keluarga terhadap mam, anak-anak, sebagai media yang membantu dan menuntun anak-anak memahami Allah yang baik hadir di dalam diri ayahnya. Bagi anak itu, Allah itu tidak jauh. Allah senantiasa hadir di dekatnya dalam diri orang tuanya yang secara tulus dan penuh cintakasih memberikan yang terbaik kepada anaknya. Anak melihat orang tua yang penuh cinta kasih, melihat Allah yang Maha Baik dan Maha Kasih.
Injil hari ini menampilkan pertanyaan Philipus kepada Yesus untuk menunjukkan Bapa kepadanya. Yesus menjawab kepada Philipus. “Telah bertahun-tahun lamanya engkau berada bersama Aku, tetapi engkau tidak mengenal Aku. Barangsiapa melihat Aku, melihat Dia yang mengutus Aku. Barangsiapa melihat pekerjaan-pekerjaan saya, dia melihat Allah Bapa yang mengerjakan segala sesuatu di dalam diri saya”. Jawaba Yesus ini menunjukkan bahwa sesungguhnya Yesus dengan Bapa adalah Satu.  Bapa, Putera dan Roh Kudus adalah Trinitas. Satu dalam misi dan visi yaitu menyelamatkan semua orang lintas batas. Barang siapa melihat Yesus, dia melihat Bapa dan Roh Kudus. Barangsiapa menerima Yesus, dia menerima Bapa dan Roh Kudus. Barangsiapa mengimani Yesus, dia mengimani Bapa dan Roh Kudus.
Kita adalah orang-orang yang beriman kepada Kristus yang telah bangkit sebagai puncak keselamatan kita dan semua orang langgar batas yang mengimaniNya.  Iman itu dikonkretkan dalam hidup kita dimana saja kita berada. Iman  akan Paskah menjadi nyata dan dialami sesama yang kita jumpai setiap hari jikalau kita hadir sebagai pribadi paskah bukan pribadi yang membawa salib derita bagi sesame. Kita ada dan hadir membangkitkan semangat bagi sesama dan menjadi sukacita dan berkat bagi sesame kita langgar batas-batas buatan manusia. Kita perlu belajar terus menerus “Teologi Ayah” seperti pengalaman anak kecil dalam sekolah minggu di atas.

Homili Sabtu 27 April 2013
Kis 13:44-52
Mzm  98 : 1.2-3ab.3cd-4
Yoh 14 : 7 - 14

Homili Misa Lansia GYB Kamis 25 April 2013



MENGHARGAI SENIOR
*P. Beny Mali, SVD*

Sebuah bangunan ide pasti ada yang memulai dan ada yang membacanya dan mengembangkannya atau melanjutkannya. Misalnya ide pembangunan Gereja Roh Kudus Rungkut ini dimulai oleh para senior  baik Pastor Paroki maupun Dewan Paroki. Ide-ide itu kemudian dilaksanakan dalam bentuk bangunan Gereja Roh Kudus yang dijadikan sebagai tempat Doa yang berpuncak di dalam Perayaan Ekaristi Kudus pusat keselamatan kita dan sesame kita, yang kita doakan.  Para senior itu ada yang masih hidup, ada juga yang sudah kembali ke Rumah Bapa melalui jalan Kristus yang telah bangkit yang kita imani dan diimaninya.  Mereka yang sudah kembali di Rumah Bapa mengalami bahagia bersama Bapa di Surga, menjad pendoa bagi kita. Mereka yang masih hidup kita doakan agar diberi rahmat dan berkat berlimpah dari Tuhan.  
Hari ini pesta St. Markus Penulis Injil. Markus adalah orang yang pertama yang menulis Injil. Penulis pertama adalah catatan kaki bagi penulis yang lain. Injil Markus adalah sumber bagi penulis Injil Mateus, Lukas dan Yohanes. Markus sebagai senior dihargai dan dihormati oleh ketiga penulis Injil lainnya.  Penghargaan dan penghormaan itu adalah mereka menjadikan Injil Markus sebagai sumber bagi penulisan Injil Lukas, Mateus dan Yohanes. Ini adalah satu contoh yang kemudian menghormati dan menghargai yang terdahulu.
Hari ini adalah Misa Sukur Lansia. Para Lansia adalah para sesepuh yang telah banyak makanasam garam di dalam hidup dan kehidupan. Ada banyak hal yang baik dan benar yang telah diberikan oleh Lansia kepada anak-anak, cucu-cucu, kepada gereja, masyarakat. Sebuah pemberian para lansia yang patut disyukuri. Puncak syukur itu adalah Perayaan Ekaristi pusat doa-doa pribadi dan doa bersama, untuk keselamatan diri dan sesama. Kita bersyukur atas kesehatan yang baik yang diberikan kepada para lansia. Kita bersyukur ataus Rahmat Tuhan yang dialirkan melalui para lansia kepada anak-anaknya, cucu-cucunya, sesama sekitar terutama kepada perkembangan dan kehidupan iman dalam keluarga dan Gereja dan masyarakat. Kita juga memohon agar Tuhan senantiasa memberikan rahmat kesehatan yang baik kepada para lansia dan memberikan rahmat semakin memasrhakan kepada Tuhan Yesus sumber kekuatan iman para lansia dan kita semua.
 Kita menghargai senior kita dalam hal ini para lansia dalam perhatian dan pelayanan kita serta dalam doa-doa kita dengan penuh kesabaran dan kerendahan hati. Sikap kita yang demikian tentu juga akan direspons dengan penghargaan yang mendalam dari para senior dan lansia kita. Mereka tentu berterimakasih kepada kita dalam kata maupun doa-doa mereka untuk kebaikan kita dalam perjalanan panggilan hidup kita.  Saling menghargai dan dihargai ini semestinya diwarnai oleh sikap kerendahan hati yang dikehendaki oleh Tuhan dan disenangi oleh semua oran lintas batas. Sebaliknya kecongkakan pribadi entah kita yang masih muda maupun para lansia, membangun jarak dalam relasi dengan sesama.  
Kerendahan Hati yang kita miliki menjadi mandala tempat hidup dan berkembangnya pengalaman Paskah, Alleluya, Kebangkitan dalam diri kita. Sebaliknya kecongkakan, adalah tanah subur bagi bertumbuhnya penyaliban terhadap sesama. Bacaan pertama menyampaikan kepada kita agar kita menghargai orang yang lebih tua dengan dijiwai oleh kerendahan hati bukan kecongkakan. Kecongkakakn itu menyalibkan sesama. Kerendahan hati membangkitkan sesama. Pengalaman paskah bertumbuh subur di dalam hati yang memiliki kerendahan hati. Warta kebangkitan itulah yang dititahkan Yesus sebelum Naik Ke Surga kepada para muridNya yang menyaksikan kenaikanNya ke Surga kembali ke Pangkuan Bapa di Surga. Yesus bersabda kepada para Murid : “Pergilah ke seluruh dunia dan wartakanah Injil kepada semua mahkluk.” Injil, khabar Gembira kebangkitan harus diwartakan kepada semua orang, semua bangsa, semua mahkluk di alam sekitar ini agar semuanya mengalami sukacita dalam kebangkitan Tuhan Yesus, mengalami kebahagiaan dalam Paskah, Alleluya, yang membangkitkan sesame, bukan menyalibkan sesame dalam aneka bidang kehidupan yang mengitari sesama manusia.                                        
Homili Kamis 25 April 2013
Pesta St. Markus Penulis Injil
Misa Pagi di Roh Kudus
Misa Sore Lansia GYB
1Ptr 5 : 6b – 14
Mzm 89 : 2 – 3.6-7.16-17
Mrk 16 : 15 – 20